mengatasi masalah pemukiman kumuh

Mereka juga perlu Tempat Tinggal!!

          Apabila kita amati dengan seksama, kemiskinan yang terjadi di Indonesia saat ini sudah merupakan hal yang tidak asing lagi. Mengapa seperti itu? Walau pun pemerintah telah memberikan program yang baginya dapat membantu mensejahterakan rakyat miskin, tapi pada kenyataannya bantuan itu tidak membantu mereka sama sekali. Bahkan biasanya bantuan tersebut tidak sampai ke tangan yang membutuhkan. Akhirnya rakyat miskin ini memutar otaknya untuk mencari akal agar semua kebutuhannya dapat terpenuhi. Salah satunya, banyak masyarakat miskin ini merantau ke kota seperti Jakarta. Karena mereka berfikir bahwa dengan mereka bekerja di kota Jakarta minimal mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Tetapi apa kenyataannya? Mereka hanya membantu memadati kota Jakarta. Dan tidak banyak dari mereka itu hanya menjadi gelandangan saja. Akibatnya, mereka terlantar hidup di kota Jakarta. Karena faktor kemiskinan tersebut juga mereka tidak mampu untuk menyewa rumah yang layak. Jangankan rumah, untuk makan pun mereka masih sangat sulit. Akhirnya banyak di antara mereka yang tinggal di pemukiman kumuh karena harga yang masih murah. Maka dari itu saat ini banyak terdapat pemukiman kumuh di kota – kota besar.

Walaupun kerap kali pemukiman kumuh ini di gusur, tapi seminggu kemudian timbul lagi pemukiman kumuh ini. Hal ini mungkin di sebabkan karena para petugas itu tidak memberikan solusi terhadap orang – orang yang di gusur tersebut. Pada akhirnya orang – orang seperti ini menambah daftar masalah yang di hadapi oleh pemerintah.

Maka dari itu saya tertarik untuk mengeluarkan gagasan saya untuk membahas mengenai upaya mengatasi permasalahan pemukiman kumuh di kota Jakarta.

 

Upaya Mengatasi Pemukiman Kumuh

 

Menurut saya, pemukiman kumuh ini harus di berantas karena jika tidak seperti itu pemukiman ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Walaupun kerap kali masalah pemukiman ini sering di bahas oleh pemerintahan namun sampai saat ini belum mendapatkan solusi yang tepat. Maka dari saya berusaha membantu untuk memecahkan maslah pemukiman ini.

Beberapa cara untuk mengatasi pemukiman kumuh ini :

  1. Dengan membangun rumah susun

Mungkin dengan adanya rumah susun, masyarakat yang  masih tinggal dipemukiman kumuh ini dapat tinggal di rumah susun ini. Walaupun biayanya tidak begitu murah tetapi fasilitas dan kelayakannya dapat di pertimbangkan. Apalagi dengan adanya rumah susun ini dapat menghemat lahan pemukiman. Selain itu apabila terjadi campur tangan pemerinah, mungkin saya rumah susun ini dapat menjadi lebih murah harga sewanya.

Selain itu menurut data yang saya dapatkan, pemerintah mencanangkan anggaran sebesar 220 miliar untuk menyelesaikan masalah pemukiman kumuh ini. Nah mungkin saja dari dana sebesar itu kita dapat membangun rumah susun yang layak bagi masyarat yang tinggal di pemukiman kumuh ini.

  1. Memberikan penyuluhan tentang dampak tinggal di pemukiman kumuh ini.

Tidak lepas dari dampak yang di timbulkan bagi masyarakat yang tinggal di pemukiman kumuh ini. Karena kondisi pemukiman yang jauh dari layak ini menyebabkan banyak masalah. Salah satunya adalah mewabahnya penyakit. Karena kebanyakkan pemukiman ini berada di pinggir rel kereta api atau di bawah kolong jembatan. Sehingga tidak terlepas tentang penyakit. Contonya saja penyakit kulit atau gangguan system pernapasan karena minimnya sanitasi lingkungan tersebut. Maka dari itu pemerintah harus dapat memberikan penyuluhkan tentang dampak yang di timbulkan dari pemukiman kumuh ini agar masyarakat bisa sadar dan peka bahayanya tinggal di pemukiman kumuh.

  1. Program perbaikan kampung

Apabila cara ke 1 dan ke 2 ini gagal. Maka pemerintah bisa memperbaiki struktur atau fasilitas di desa. Sehingga masyarakat ini dapat tertarik  untuk kembali ke kampong halamannya. Salah satu caranya bisa saja dengan memperbaikki fasilitas yang ada di desa seperti yang ada di kota. Atau dapat juga membangun lapangan kerja yang banyak di desa atau memberikan program – program bantuan untuk masyarakat desa seperti yang di rencanakan pemerintah pada program transmigrasi.

 Kesimpulan dan Saran

Menurut saya hanya segitu saja cara yang dapat di jalankan untuk mengatasi pemukiman kumuh yang berada di kota Jakarta ini. Apabila semua gagasan yang saya uraikan gagal semua mungkin hanya dapat satu cara yang ampuh, yaitu memberikan timpat tinggal mereka yang layak dan sebagai upah dari penggantian itu semua mereka dapat membantu pemerintah membuka industry rumah yang ramah lingkungan dan menegaskan mereka untuk mengikuti program KB agar generasi selanjutnya dapat lebih terkontrol oleh pemerintah

Walaupun masalah ini merupakan masalah yang sangat sulit di atasi tapi saya harap pemerintah dan masyarakat yang tinggal di pemukiman liar ini dapat sama –  sama mendukung segala kegiatan yang di rencanakan oleh pemerintahan.

 

referensi :

http://www.mediaindonesia.com/foto/15264/Mengatasi-Masalah-Permukiman-Kumuh-di-Jakarta

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s